HAJI adalah salah satu pilar RUKUN ISLAM dan hukumnya wajib bagi setiap orang muslim dewasa yang telah memenuhi syarat

Syarat yang dimaksud adalah mampu secara fisik, ilmu dan mampu secara ekonomi untuk mengadakan perjalanan ke Baitullah dan tempat-tempat yang sudah di tentukan di Arab Saudi minimal satu kali dalam seumur hidup

HAJI dibatasi oleh waktu dan hanya bisa dilaksanakan pada saat Musim Haji saja, hal ini berbeda dengan Umroh yang dapat dilaksanakan sewaktu-waktu

Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

hajiplus-title
WhatsApp Image 2021-01-21 at 11.30.26

Haji Plus atau ONH Plus atau kata lainnya ialah haji khusus merupakan suatu hal yang memiliki arti yang sama yaitu program ibadah haji resmi dari pemerintah Indonesia dan Saudi dengan masa tunggu yang lebih cepat dari program haji reguler. Biasanya masa tunggu program atau paket haji plus/ onh plus ini sekitar 6-7 tahun
Dengan mengikuti program yang sah dari pemerintah, lantas kapan daftar haji paling lambat untuk program onh plus di Haramain? InsyaAlloh tidak ada batasan waktu.
Namun hikmah dibalik adanya pandemi corona ini ialah bahwa antrian pemberangkatan haji plus tidak seramai ketika sebelum pandemi, oleh karenanya kesempatan bagi anda untuk bisa segera menunaikan rukun islam yang kelima lebih cepat semakin terbuka insya Allah.

hajitanpaantri-title
WhatsApp Image 2021-01-21 at 11.30.26 (1)

1. VISA FURODA

Pengertian Haji Furoda adalah satu-satunya program Haji non kuota yang resmi dan terdaftar dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi dan menggunakan visa khusus yaitu visa furoda yang diberikan kepada para calon jamaah secara umum seluruh negara.

Disini, kita harus membayar paket programnya seperti halnya jika kita mengikuti program Haji Reguler dan Haji Plus dengan kuota pemerintah.

Fasilitas yang didapatkan pun setara dengan haji plus.

2. VISA ZIARAH

Pengertian Haji Visa Ziarah memanfaatkan visa ziarah sebagai izin masuk ke tanah suci dan merekapun tidak masuk dalam hitungan kuota haji (non kuota). Namun, orang yang menggunakan visa ziarah ini tidak terdaftar sebagai jamaah Haji Resmi yang tercatat dalam Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Dan bahkan, visa yang digunakan pun bukan untuk menunaikan ibadah haji.

badalhajii-title
WhatsApp Image 2021-02-09 at 09.48.30

Badal Haji adalah meng-Haji-kan orang yang telah meninggal (yang belum haji) atau menghajikan orang yang sudah tak mampu melaksanakannya (secara fisik) disebabkan oleh suatu udzur, seperti sakit yang tak ada harapan sembuh.

Seorang perempuan bertanya kepada Rasulullah :

Ibuku pernah bernadzar ingin ber-Haji, namun beliau belum ber-Haji hingga meninggal apakah aku bisa meng-Haji-kannya ?

Rasulullah menjawab

"Hajikanlah untuknya, kalau ibumu punya hutang kamu juga wajib membayarnya bukan? Bayarlah hutang Allah, karena hak Allah lebih berhak untuk dipenuhi," (H.R. Bukhari & Nasa’i).

Berbakti kepada kedua orang tua termasuk yang sudah meninggal dan mendapatkan keridhaannya, merupakan dambaan bagi semua anak

“Ridha Allah terdapat dalam ridhanya kedua orang tua”

(HR. Tirmidzi)

talanganhajiplus-title
talanganhajireguler-title
Daftar Sekarang!