Tombo Ati Tour – Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat UMROH di tengah PANDEMI Covid-19?

1. Pembatasan usia peserta umroh rentang 18-50 tahun. Hal ini akan sangat berdampak terhadap peserta yang berangkat bersama keluarga, orang tua bahkan tour leader/pembimbing ibadah/public figure yang biasanya menemani akan terkendala.

2. Durasi perjalanan ibadah umroh lebih lama karena ada masa karantina selama 3 hari di hotel & dilarang untuk melaksanakan aktivitas diluar hotel. Sehingga durasi umroh paling sedikitnya menjadi 12 hari.

3. Keterbatasan melakukan peribadatan di dalam masjid suci khususnya Masjidil Haram karena pembatasan kuota sehingga tidak bisa melakukan umroh berkali2 bahkan tawaf sunah sekalipun di area utama thawaf. Ditambah lagi dengan masa karantina 3 hari yang dilarang melakukan aktivitas apapun diluar hotel, akan banyak waktu yang mubazir mengingat kita berada di tanah suci.

4. Hotel yang baru digunakan saat ini adalah hotel bintang 5 dan 4 yang telah ditentukan oleh otoritas Saudi & lolos kelayakan protokol kesehatan. Dan satu kamar hanya boleh maksimal diisi oleh 2 orang. Ini sangat menjadi kendala bagi peserta keluarga dan biaya pun akan menjadi lebih mahal.

5. Sementara ini maskapai yang baru diperkenankan hanya Saudi Arabia Airlines, sehingga relatif harga pesawat lebih mahal.

6. Ada tambahan biaya test PCR utk pra & pasca umroh yang pastinya menambah beban besarnya biaya umroh

7. Kemungkinan terjadinya resiko tertularnya jamaah umroh disaat mau kepulangan akan menjadi masalah tersendiri karena harus mengikuti protokol karantina di Saudi. Ini akan berdampak terhadap tiket kepulangan jamaah & secara psikis berdampak ke peserta yang ditinggal sendiri disana.

8. Dengan kondisi saat ini, biaya umroh berkisar 35 juta bahkan bisa lebih, akan terasa berat bagi umat muslim belum lagi nilai manfaat yang didapatkannya penuh keterbatasan.

9. Waspadai apabila ada beredar harga paket umroh di saat pandemi saat ini yang dijual dibawah 30 juta, karena cenderung terjadinya penipuan oleh oknum travel yang tidak bertanggung jawab.

Semoga Pandemi Covid ini segera berakhir dan awal tahun 2021 biaya Umroh sudah kembali normal.

Semoga Allah SWT menyelamatkan kita dari segala bencana sehingga kita bisa kembali menunaikan ibadah di tanah suci dengan kondisi semula yang aman, damai & penuh kekhusyu’an

TOMBOATI TOUR
BAITULLAH dekat di HATI